my map

https://www.google.co.id/maps/@-7.5532988,110.7662994,189m/data=!3m1!1e3!4m2!5m1!1b1?hl=id

Thursday, March 15, 2007

Keteladanan Adalah Obat Paling Mujarab

Dibandingkan dengan masyarakat pada umumnya
dokter adalah orang yang paling tahu mengenai kondisi fisik dan bagaimana menjaga agar kondisi fisik itu tetap berada dalam keadaan prima.

Di luar perkecualian karena takdir, maka adalah lucu dokternya adalah orang yang sakit-sakitan. Juga tidak pantas dokter yang dianggap sebagai panutan kesehatan mempunyai perilaku yang tidak sehat, seperti perokok berat, pecandu obat dan peminum berat. Tidak pantas kalau dokter adalah orang yang malas-malasan berolah raga.

Allah berfirman dalam surah Shaff ayat 2-3;

Wahai orang-orang yang beriman janganlah kalian mengatakan sesuatu yang tidak pernah kalian kerjakan; Maka Allah sangat murka terhadap apa yang kalian katakan sedangkan kalian sendiri tidak pernah mengerjakan”.

Ada kisah nyata berkaitan dengan ayat di atas, seorang anak umur 9 tahun dibawa ibunya ke seorang kiyai yang hafidz Qur’an [hafal Al-qur’an 30 Juz] karena kebiasaan makan gula pasir sehari hingga 4 – 5 kg. Ketika dihadapan pak Kiyai tadi, pak Kiyai hanya berkata

“Coba seminggu lagi datang ke sini, mau saya kasih nasihat”.

Selama satu minggu itu, yang dilakukan oleh pak Kiyai adalah mencoba untuk tidak menyenangi makanan yang manis [bergula]. Pak Kiyai meminta bu Nyai untuk tidak membuatkan teh manis.

“Bu.. kalo membuatkan teh jangan pakai gula ya bu, ato malah dibuatin air putih saja”

“Termasuk minta tolong jangan disediakan jajanan yang manis-manis ya bu”

Karena penasaran bu Nyai menanyakan perilaku yang diluar kebiasaan pak Kiyai tersebut.

“Kenapa tho pak… kok nyirik gula… apa habis periksa lab hasil gulanya tinggi?”

Panjenengan terkena diabetes tho Pak?”

Pak Kiyai menjawab dengan dua ayat Shaff tersebut, dan menerangkan satu minggu lagi akan menasihati anak agar tidak suka memakan gula.

“Gini lho bu… satu minggu lagi aku akan menasehati anak jangan suka makan gula… masak aku yang menasehati juga suka makan gula”

“Allah kan berfirman dalam surah Shaff ayat 2-3;

"Wahai orang-orang yang beriman janganlah kalian mengatakan sesuatu yang tidak pernah kalian kerjakan; Maka Allah sangat murka terhadap apa yang kalian katakan sedangkan kalian sendiri tidak pernah mengerjakan

“Jadi Allah sangat murka kalo aku menasehati orang jangan melakukan ini tetapi aku setiap hari melakukan ini…”

“Oo begitu pak”

Setelah satu minggu berlangsung, ibu dan anak yang makan gula sehari 4 –5 kg tadi datang. Yang membuat ibu tadi terkejut adalah bahwa pak Kiyai tidak mengasih apa-apa, seperti minuman air putih atau doa-doa. Pak Kiyai hanya bilang

Le [panggilan anak laki-laki dalam bahasa Jawa],..kamu jangan suka makan gula ya!” kemudian ibu dan anak tersebut disuruh pulang. Setelah sampai rumah, apa yang terjadi? Secara mengherankan anak tadi ketika ibunya mengingatkan

Le, gulanya udah ibu siapkan” sang anak menjawab

”Aku tidak suka gula bu!”

(Coba kalo anak ini dibawa ke dokter ahli jiwa pasti didiagnosis menderita gangguan obsesif kompulsif dan menjalani pengobatan antidepresan hingga antipsikotik sampai berbulan-bulan)

Kisah nyata ini dituturkan oleh sahabat saya yang saya hormati ustadz Ahmad Yani yang beliau ini seorang hafidz Qur’an….dan selalu menjaga hafalannya tersebut dengan selalu mengkhatamkan al-Qur’an dalam satu minggu. Untuk mengejar target itu, sholat rowatib beliau selalu mengusahakan bisa membaca surat setelah alfatihah sampai 2 juz panjangnya. Dan beliau ini selalu menjaga akhlaqnya…walaupun hanya ngerasani orang ato dongkol… ternyata mempengaruhi hafalannya… luar biasa….

Untuk tambahan cerita mengenai pak Kiyai di atas… saat beliau wafat…. Luar biasa… 8 ribuan orang jamaahnya dari berbagai kota di Jawa, yang mengantarkan jenazah pak Kiyai ini ke pemakamannya.

Pelajaran bagi dokter adalah,

kalau dokter menginginkan pasien-pasien mengikuti nasehatnya agar berperilaku sehat, maka dokternya dulu harus berperilaku sehat

12 comments:

NiLA Obsidian said...

ya....seperti kita selalu mengharap orang lain berubah, sementara kita sendiri tidak melakukan perubahan itu....
berarti intinya...mulailah dari diri sendiri dulu ya dok...?

jadi...ayo kita lari pagi.....!!!

iway said...

jadi inget minggu kemaren baru nengok kakak ipar saya yang mo diambil batu di ginjalnya, padahal beliau ini dokter ahli ginjal :D ironis

Anisa said...

Subhanallah...Pak Ustadz Ahmad Yani sunguh2 dirahmati Allah dengan kemampuannya..Beliau masih sampe sekarang dok ?

Yusuf Alam Romadhon said...

Buat mbak Nila
Ayo kita lari pagi... hi hihi..gara2 dikejar anjing berhenti lari pagi mbak... padahal bodynya gedean saya.. sekarang yang rutin renang mbak... saya jago renang seminggu 2 - 3 kali sekali renang 1 jam non stop... 1/2 jam gaya katak 1/2 jam gaya bebas...
Buat Iway..
kalo masalah ini dokter ahli stroke bahkan penulis text book stroke malah meninggal terkena stroke... ya dokter juga manusia.. setidaknya sudah ngasih contoh.. berperilaku sehat..
Buat Anisa
Alhamdulillah beliau masih dalam keadaan seperti itu beserta istrinya juga hafidzah Qur'an...

Nieke,, said...

iya nih, Om. aku tuh sekosan isinya mahasiswi kedokteran smua. soalnya kosan aku sebenernya lebih deket ke kampus kedokteran dibandingkan kampus ekonomi *entah knapa saya malah milih kosan jauh2 dari kampus saya sendiri -.-'*

tapi mereka juga ada yg ngerokok bahkan jorok banged buang sampah se-enak-e dewe *bener ga om penulisannya? hihii, maklum, bukan org Jawa x)* aku jadi mikir temen2 kosan ku itu akan jadi dokter seperti apa entar, org baru kuliahnya aja udah begitu..

ya, aku setuju banged sama om dokter yusuf, "kalau dokter menginginkan pasien-pasien mengikuti nasehatnya agar berperilaku sehat, maka dokternya dulu harus berperilaku sehat :)

Si Jagoan Makan said...

bapakku lemu , ibu-ku lemu..aku yoo lemu. Lah contohnya gituu Pak Dokter..yo opo iki ?

huda said...

hehe.. ngomong2 soal dokter yg seperti itu.. almarhum dosen Fisiologi saya yg mengajar bab tentang faal paru juga seorang perokok berat. Begitu pula dengan dosen Penyakit Dalam yg ngajarin tentang Kardio - Pulmo.. lucu ya...

Trus ada lagi nih.. dosen Fisika Medik yg ngajarin tentang fluida, dia spesialis jantung. Dia malah bilang gini: biasanya dokter2 ahli jantung yg ngerokok, nanti matinya karena stroke. Tapi kalo dokter2 ahli syaraf ngerokok, ntar matinya karna jantungan... katanya sambil bercanda.. :)

Tapi dengan contoh kasus yg Anda utarakan di atas.. berarti kata-kata dosen sy itu gak bener y :)

putri_angga said...

zzzzzzzzzzzzziiiiiiiiippp dokter!!!

dokter2 itu kan orang kesehatan, tapi masihhh banyak yang ngerokok...

setelah baca ini yaa,,, aku jadi ingtropeksi,,,, apakah aku sudah menjadi mahsiswa kebidanan yang baik??

nyuruh ibu-ibu olahraga, aku olahraganya tidur...
nasehatin orang: Pergi ke dokter bila sakit,,, aku,,, asma kambuh,,,, ambil jalan pintas minum neo napcin setengah tablet ( lagi gak punya duit buat beli ventolin/ bronkopilin)
nyuruh keluarga pasen yang lg jenguk, untuk buka alas kaki,,, tapi sendal jepitku lari-lari, dibawa ke nifas, peri atau vk...
bilang KALO LAGI FLU/BATUK jangan cium-cium bayi,,,,
tapi kerjaanku di peri, moto2in bayibayi lucu dan mencet-mencet dan nyiumin merekaaa (gemesy banget)

Ampun deh.
BTW... aku gak naksir mastri,,,, naksir dan ditaksir temennya mastri,,, jangan gosip dooong dok.

Yusuf Alam Romadhon said...

Buat Nieke
Ya...sak enake dhewe... he he he... kayaknya mau berjodohan sama orang jawa tho?..
Buat jagoan Makan..
Itu tandanya... semua Jagoan Makan Manda...
Buat mas dokter Huda..
Kalo dihubung2kan mungkin ya kalee
Buat mbak Bidan Angga..
Aku ada contoh lagi yang lebih seru.. dokter THT senior...kegemaranya.. korok-korok lubang telinganya pakek kunci mobil... iih jorok ya... padahal aku sendiri kadang2 begitu juga... ha ha ha... ba da la tenan...

Yusuf Alam Romadhon said...

untuk mbak Bidan Angga
sori ada yang ketinggalan... coz yang kemarin nulis gitu..jadi berkesimpulan naksir mas Tri... he he he.. kalo ya juga ndak pa pa kok..

Titah said...

salamkenal, mas dokter. artikelnya bagus, inspiratif, bikin malu... (lho!)

My Alter said...

setuju banget pak dokter...:)
btw sehubungan dengan kutipan blog di atas "kalau dokter menginginkan pasien-pasien mengikuti nasehatnya agar berperilaku sehat maka dokternya dulu harus berperilaku sehat" ....ternyata tidak semua dokter berperilaku sehat ya pak dokter....baru tau saya dok...:)

Kebersamaan yang Indah Kita

Daisypath Anniversary Years Ticker

hanya bisa mengucapkan...

zwani.com myspace graphic comments