my map

https://www.google.co.id/maps/@-7.5532988,110.7662994,189m/data=!3m1!1e3!4m2!5m1!1b1?hl=id

Thursday, April 26, 2007

“Gempa” berskala liter

Seorang bapak-bapak, umur 40-an tahun… berjalan sempoyongan… berjalan di atas jalan yang mendaki. Sebenarnya tidak terjal amat, kemiringan jalan cuman 15 – 20 derajat.

Berkali-kali terjatuh di titik yang sama… berdiri, berjalan terjatuh…. Lagi-lagi di titik yang sama….

Namun, sayangnya di titik itu ada jemuran dari aluminium.. yang menempel di pagar rumah yang mepet sekali dengan jalan. Akibatnya ……………

Krompyaaaang……

………………………..

Mencoba berdiri…mencoba jalan… dan… jatuh…

……………………..

Krompyaaaang……….

………………………..

Mencoba berdiri…mencoba jalan… dan… jatuh…

……………………..

Krompyang…..

………………………..

Mencoba berdiri…mencoba jalan… dan… jatuh…

……………………..

kalo "gempa" udah jadi budaya

--> butuh traffic light di atas

Akhirnya berhasil jalan, setelah yang punya rumah keluar… dan membimbingnya berjalan naik… walopun masih menyangkal..

“Jangan dibantu… aku masih bisa jalan kok” kata orang yang sempoyongan tadi..

“Ya masih kuat… tapi biar jalannya terarah memang harus dibantu” kata pemilik rumah yang berusaha menghindari kata-kata konfrontasi….

Itulah yang terjadi hampir setiap hari di atas jam 21.00 WIB ketika saya masih mahasiswa dulu….. sebagai gambaran kecil dari sebagian besar perilaku…..

para pemuda dan bapak-bapaknya sering mengalami “gempa”.

Kalau gempa yang membuat kerusakan dahsyat berskala Richter, tetapi “gempa” di kampung dekat kos saya ini hampir setiap hari terjadi dan berskala liter. Artinya setelah menenggak ciu1 beberapa mili liter hingga berliter-liter, baru terjadi “gempa” setempat.

“Gempa” setempat ini akan meluas manakala ada orang kampung yang sedang punya hajat. Mulai kelahiran bayi, khitan, dan manténan (pesta pengantin). Bahkan kematian pun juga diiringi pesta “gempa”.

Anehnya setelah berdirinya masjid Sabililah dekat dengan kos saya, peristiwa “gempa” itu turun drastis.

Walaupun ada satu dua orang yang masih bersolo karier melakukan ritual rutin membangkitkan “gempa” setiap malam.

Kesimpulan

Perilaku buruk dan sudah menjadi budaya massal…tidak bisa dihilangkan begitu saja …tetapi hanya bisa ditekan hingga titik yang minimal

1 Minuman beralkohol tinggi produksi tradisional produksi Bekonang Sukoharjo

11 comments:

Nieke,, said...
This comment has been removed by the author.
Nieke,, said...

horeee pertamaaaxxx! xP

btw, bener banged tuh om,,
aku juga gitu..
disuru tobat untuk ga ngeronda kok kayanya susah bener..
dah banyak banged yg bilang kalo "anak gadis tuh ga baik ngeronda.." hehe xD
lho?? kok malah curhat? hihi, maaph.. maaph..

tp memang kebiasaan buruk susah diilangin..
apalagi kalo itu dah jadi sifat / karakter seseorang ya om dok..

DenaDena said...

gempa berskala liter? hahahaha pak dokter ki ono-ono wae..

Hannie said...

gempa berskala liter, dihubungin ke gambar pertama, jadinya kek tanda orang yang mengalami kesulitan berjalan karna minum air berliter2...


halah jayus banget deh gw :P

Mashuri said...

kalo belon punya merek, saya ngasih usul minuman itu kasih merek ini aza:
"topi kebangetan miring"

- Nilla - said...

Oalahhhh... kirain gempa berskala liter teh apaan! Ternyata... Huehuehue...

Bisa aja Pak Dokter ini! ;P

aVank said...

ternyata eh ternyata

venus said...

waduh...masih banyak yg suka mendem ya? ck ck ck...*apa seeeehhh?*

NiLA Obsidian said...

hahahaha....berskala liter????

korbannya kayak yg digambar?
huahahahahaha

Yusuf Alam Romadhon said...

Buat semuanya
maaf akhir-2 ini jarang OL coz lagi ada urusan yang lebih berat nih
Buat Nieke
Iya memang kalo mau berubah... seperti kata AA Gym harus mulai dari yang kecil, mulai sekarang, dan mulai dari diri sendiri..
Buat Dena
iyo mbak.. maap kalo mo give coment di tempat sampeyan.. lelet abiz
Buat Hannie
Iya yaa
Buat bang Mashuri
Ho oh bang
Buat Nilla
makasih ya Nilla
buat Avank
makasih
buat Venus
Iya.. tuh
Buat Nila Obsidian
ha ha ha ha juga

iway said...

kalo mendem wedoan (ala didi kempot) piye dok?? gempa juga ga?? heheheeh :D

Kebersamaan yang Indah Kita

Daisypath Anniversary Years Ticker

hanya bisa mengucapkan...

zwani.com myspace graphic comments