my map

https://www.google.co.id/maps/@-7.5532988,110.7662994,189m/data=!3m1!1e3!4m2!5m1!1b1?hl=id

Wednesday, May 30, 2007

Saya kira tadi patung

Suami kakak saya yang sulung termasuk tipe orang yang gas-gasan…

Dulu ketika masih menjadi dokter PTT di Bengkulu, pernah naik mobil tanpa membawa SIM sama sekali.

“Kok ga nyari SIM tho mas?” tanyaku

“Ga pa pa kok dik, sejak SMA sampe sekarang lulus dokter ga punya SIM ga ada masalah” kata mas Faiz

“Lha kalo ada razia di jalan?” kataku memprotes

“Kalo ada kerumunan dari jauh, nyari jalan lain, ato berhenti nyari makan” bela mas Faiz enteng.

...............................................................

Akhirnya jadi juga berangkat dari Nganjuk ke Bengkulu tanpa membawa surat izin mengemudi (SIM) atas nama dokter Faiz..

Hingga kembali lagi ke Nganjuk satu tahun berikutnya… saat lebaran

“Gimana mas sudah terjaring polisi belum?” tanyaku

“Akhirnya kena juga” kata mas Faiz

“Wakakkakakakkak” tawa kami akhirnya menderai

“Waktu itu…di perempatan daerah Cirebon… lampu merah… karena jalanan sepi … aku terus saja… eeh ga tahunya dari belakang kok ada suara sirine…..” kenang mas Faiz

“Sirine?” tanyaku keheranan

“Iya sirine polisi… polisi naik sepeda motor, dengan kecepatan tinggi….memberikan aba-aba agar aku berhenti…..” kata mas Faiz

“Terus… gimana mas?” tanyaku penasaran ingin tahu cerita selanjutnya.

“Iya akhirnya aku berhenti…mobil aku pinggirkan… polisi itu memberikan hormat… lalu.. bertanya kepadaku..

‘Selamat pagi pak…Anda tahu anda berbuat salah.. tadi lampu merah Anda tetap jalan..’

Akhirnya aku mengakui kesalahanku” kata mas Faiz

“Terus mas Faiz bilang apa sama polisinya?” tanyaku

“Aku bilang ‘Maaf pak tadi saya kira patung’….’saya ga nyangka kalo bapak’” jelas mas Faiz.

“Wakakkakkakakakkakak” Geli sekali dengar cerita polos mas Faiz..

……………………………………………….

Dalam pepatah Jawa “Sak bejo-bejone wong kang lali, isih bejo wong kang eling lan waspodo” kalo di-translate dalam bahasa Indonesia terjemahan bebasnya begini; seberuntung-beruntungnya orang yang lalai tetap beruntung orang yang sadar dan waspada.

Dalam kehidupan sehari-hari, ketika memilih suatu keputusan, maka yang sangat perlu kita pertimbangkan adalah kemungkinan resiko-resiko yang akan kita hadapi. Kalo belum tahu, kita nanya orang yang sudah mengalami. Sehingga kita bisa mengantisipasi lebih dini. Minimal mental kita sudah bisa mengantisipasi kemungkinan itu terjadi.

Termasuk bagi anda yang ingin menjadi dokter, resiko-resiko yang dihadapi dokter adalah, resiko tertular penyakit dari pasien, resiko tuntutan malpraktik, resiko hubungan keluarga berkurang, resiko fulustrasi karena biaya kesehatan dan pendidikan baik untuk keluarga maupun diri sendiri yang makin membengkak tak terkendali dan terakhir, makin banyaknya dokter dan rumah-rumah sakit di perkotaan, ada satu resiko terakhir, yaitu kemungkinan diPHK makin besar bila rumah sakit tempat bekerja mengalami kebangkrutan..

Semuanya perlu diantisipasi.

14 comments:

Anonymous said...

ah, mana mungkin ada RS yang bangkrut.. dokter ini aya-aya wae.. :-). memangnya ada dokter yang menganggur..?

Milda said...

Terkenang lagi masa aku ikut sidang pelanggaran lalin di pengadilan Sukoharjo...gara-2 ngebut di depan daerah "kijang..." apa gitu namanya, yg punya militer itu..

Aneh aja, kenapa gak boleh agak ngebut sih nyetir di depan sana ?? Kecepatannya jg msh dlm batas normal...(Lah, di pengadilan dulu gak sempat protes sih..hihihi..)..

DenaDena said...

Wah jd inget kejadian kmrn. Ada mobil di blkg ku yg ngebel2 ga sabar mau nyalip. La wong dalane sempit yo wes tak cuekin ae. Eh bgt dia bs nyalip (dgn napsune), ibu2 pake jilbab itu mengacung2kan jari tengahnya. Astagfirullah. Tp aku mbales sisan he he.. F*ck u.. ha ha ha

Iko said...

Waahh, kemarin aku baru kena tilang, krn gak ada surat2 lengkap, terpaksa motornya di'kandangi' di pos polisi, hehehehe

ulatdaun said...

wah.....

jadi inget diriku yang sering kena semprit pak polisi........

huehehhehehehhehe........

Astri said...

ya nggak nganggur sih. paling gak pengangguran terselubung... tul gak mas Yusuf?

Anisa said...

Sepertinya sampe skrg belum pernah denger cerita ada RS bangkrut nih...
tp kalo ada beneran gmn ya...? apa mau ikuta JK yang aya aya wae tuh..

mashuri said...

risiko-risiko jadi dr.

wah bener juga, kudu segera ancang-ancang cari pekerjaan laen neh....

Yusuf Alam Romadhon said...

buat seseorang
lho ga percaya ada lho milik temenku sendiri.. dokter pengangguran banyak... sampe alih profesi..
buat Milda
namanya Kandang Menjangan... wah ga tahu why dilarang ngebut mbak.
buat Denadena
wah ternyata.. juga berhaluan gas-gasan... he he he
buat Iko
he he he... temen ku pernah sampe kehabisan uang... terus minta uang ke pak polisi yang jaga.. untungnya dia baikan..
buat Ulat daun
he he hehe
buat Astri
buaanyaaak temen-temen ku kayak begitu...
buat Anisa
banyak Anisa... cuman yang banyak kelihatan di permukaan yang megah2 aja..
buat bang Mashuri
setuujuuuuu banget

Nieke,, said...

aku malah sebaliknya sama kakak iparnya om dok..
punya 2 sim, sim A sama C..
tapi sim C bikinnya buat gaya2an doank..
padahal ga bisa bawa sepeda motor..
heuheuheu..

btw, aku baru tau kalo ada dokter yg nganggur dan RS yg bangkrut..
ck..ck..ck..
ironis skaaaliii x(

cakmoki said...

Sak sengsoro-sengsorone dokter isih akeh sing mengharapkan dadi mantu Mas. Walaupun setelah itu, mangan-melu-morotuwo, hehehe. Isih bejo :D

GrapZ said...

waduh...patung??
kalo saya jadi polisinya udah di-bletak tuh...hehehee

Yusuf Alam Romadhon said...

buat Cak Moki
Iya Cak biar bisa mensyukuri apa yang dikaruniakan Allah kepada kita
buat Grapz
Iya... he he he

Lydia said...

iya nih, mana ada dokter yang menganggur. Wong tiap hari, aku liat, kalau dokter naiknya mercy, BMW, Volvo, berpenampilan rapi (kayak eksekutif muda git deh..)...

Kebersamaan yang Indah Kita

Daisypath Anniversary Years Ticker

hanya bisa mengucapkan...

zwani.com myspace graphic comments