my map

https://www.google.co.id/maps/@-7.5532988,110.7662994,189m/data=!3m1!1e3!4m2!5m1!1b1?hl=id

Wednesday, July 18, 2007

“Glondaang Glondaang Glondaaang!”

Di sebuah warung makan dekat kampus. Suasana sudah ramai. Hiruk-pikuk kehidupan sudah digelar. Warung makan itu terbagi dalam tiga wilayah. Wilayah pertama adalah wilayah makanan yang telah di saji, dilayani oleh seorang pelayan yang mengambilkan makanan yang tersaji dengan menarik dan dijamin pasti mengundang selera makan. Wilayah ke dua adalah wilayah meja dan kursi tempat pelanggan duduk dan menyantap makanan. Dan wilayah ketiga adalah wilayah dapur, tempat memasak makanan, mengolah bahan mentah menjadi bahan matang, tempat mencuci dan tempat meramu minuman yang dipesan pelanggan. Untuk wilayah ke dua, ternyata terbagi menjadi dua, menyesuaikan bentuk ruangan. Bagian pertama dekat dengan wilayah makanan. Wilayah ini menguntungkan pelanggan, kalo misalnya makanan kurang banyak bisa nambah lagi. Sedang bagian kedua dekat dengan dapur, malah berdampingan dengan dapur, hanya dibatasi oleh gorden dari bambu (atau kêré dalam bahasa jawa)

Namanya saja warung makan dekat kampus… jelas… pelanggannya banyak mahasiswa dan mahasiswi…

………………………………….

Serombongan mahasiswi, setelah mengambil makanan sesuai selera, bergerombol duduk bersama di meja makan yang mereka inginkan. Posisi mereka duduk, bersebelahan dengan dapur.

“Eh kamu tahu ga… kemarin si Ani kuliah penampilannya norak banget” kata Eni

“Norak?” tanya semua cewek satu geng itu

“Pakek topi merah, baju kuning dan bawahannya ijo…kayak traffic light” kata Eni dengan mimic yang sewot. Kayaknya dia ga suka banget dengan Ani.

“Wkakakkakka wikikikikikik”

“Eh kamu kok perhatian banget sih sama Ani?” tanya Endang

“Bukan begitu… penampilan norak kan kelihatan…semua orang bisa melihat” kilah Eni tambah sewot.

“Kok jadi tegang sih…. Eh kemarin dosen kita yang serieus banget. Ternyata kalo diperhatikan, dia itu kalo ngomong….serak-serak basah.” Kata Lina

“Serak-serak basah?” semua pada bengong.

“Iya.. ngomongnya serak-serak…tapi ludahnya juga ikut nyocros keluar… pas kan serak-serak basah” jelas Lina dengan bersemangat

Wakakakakakkakkak wikikikikkkikkikkikik

………………………………

“krompyang” bunyi panci kosong jatuh.

……………………………….

“Glooondaaaaang…glooondaaaaang…glooondaaaaang…” tiba-tiba Eni berteriak lantang.

“…..” semua pada tertegun tidak percaya

Wakakakakakkakka wikikikikikkikikkkikikikkk

Eni jadi merona malu…dan semua orang jadi tahu kalo dia menderita latah..

………………………………………………………………………….

Masih mending, Eni latahnya bilang “glooondaaang….glooondaaaang…glooondaaaang”, saya pernah menemui latahnya bilang jorok… kalo mau tahu si latah ini mengucapkan “penis” dalam bahasa jawa!

Ada pula yang latahnya “jatuh cinta….jatuh cinta….jatuh cinta”. Ada yang bilang “ee… copot..copot….copot”. Pasien lain bilangnya “monyong”.

………………………………………………………………………….

Karena perilaku latah itu lucu, maka orang-orang di sekitarnya suka ngerjain… dibuat terkejut..dengan dibentak, dengan ditepuk keras agar kaget, atau berbicara dengan si latah semula nadanya datar…kemudian tiba-tiba keras…si latah terkejut…dan ACTION!!!

Lama-lama dengan berlalunya waktu… kita yang berada di sekelilingnya secara tanpa sadar memerlakukan keadaan “stigmatisasi” tersamar. Kita mempunyai ekspektasi terselubung terhadap orang-orang latah bahwa mereka sangat enak untuk kita kerjain. Bila demikian akan membuatnya tersiksa.

Orang latah yang bisa seperti mpok Atik hanya segelintir orang. Tidak semuanya bisa seperti itu. Karena tidak bisa dikomersialisasikan yang bisa mendatangkan fulus, maka mau ga mau harus disembuhkan, karena sangat mengganggu dan membuat letih bagi yang mempunyai kebiasaan latah ini.

Perlu latihan, hal utama yang harus dilakukan penderita adalah usaha penenangan diri ketika menghadapi suasana panic. Berusaha untuk tidak reaksioner. Perlu latihan relaksasi yang intens. Biasakan diri dengan memperbanyak dzikir dan mengatakan yang baik-baik agar reflex yang kaluar dari mulut ketika latah terpaksa keluar adalah ucapan-ucapan yang baik.

6 comments:

mashuri said...

pasti itu adalah sapi terseksi di dunia...

putri_angga said...

latah itu emang bener ada ya?
bisa terefinisikan secara ilmiah?
bukannya ituy cuma orang yang cari perhatian aja?

Nona Nieke,, said...

kok kayanya yg latah itu org Indonesia aja yaaa..?
bule2 kayanya belum pernah tuh saya denger latah..

*apa sayanya aja yg ga mudheng.. hehehe xD*

NiLA Obsidian said...

kalo latahnya ga sembuh2 bisa2 mulutnya monyong kayak sapi itu ya pak dokter?
heuheuheu....

pa kabar dok?
maaf baru mampir lagi...:-)

Franx Budi said...

bagus banget Pak ceritnya bisa jadi pelajaran hidup

sibermedik said...

Dear all Doctor..Pengalaman merupakan guru yang paling berharga, dengan ini SiberMedik ingin mengajak para teman sejawat untuk berbagi pengalaman kepada para calon teman sejawat (mahasiswa keokteran) lewat buku yang akan Sibermedik rilis insya Allah bulan Desember 2007 yang berjudul :

"Ringer Laktat untuk Calon Teman Sejawat: Kapita Selekta Pengalaman PTT"Buku ini berisi tentang kumpulan pengalaman tentang dokter-dokter yang telah melaksanakan PTT di luar daerah -terutama Pulau Jawa-. Sibermedik memiliki harapan dengan terbitnya buku ini akan menggugah para Calon Dokter untuk melaksanakan PTT dalam rangka pengabdian terhadap masyarakat karena seperti yang kita tahu, masih banyak daerah diluar Jawa yang belum tersentuh Pelayanan Kesehatan. Pengalaman-pengalaman para dokter yang telah menunaikan PTT diharapkan dapat menjadi wacana, motivator, sekaligus mutiara-mutiara hikmah dalam menjalani etos kerja di lapangan.Untuk itu, kami menantikan artikel kiriman dari rekan-rekan teman sejawat dengan syarat:

Diketik dengan Times New Roman (Fonts 12), Spasi Single, max 3 Hal A4.
Format File .doc (ms.word) atau .pdf (adobe acrobat).
Disertai data diri : Nama, Tempat-Tgl Lahir, Alamat Rumah&Email, Asal FK, Masa Bakti PTT, No telepon yang bisa dihubungi.
Artikel dikirim via email: sibermedik@yahoo.com ; paling lambat 01 September 2007.
Atas partisipasi rekan-rekan sekalian dengan mengirimkan artikel ini, Sibermedik akan mengirimkan merchandise untuk artikel-artikel yang akan dimuat di buku "Ringer Laktat untuk Calon Teman Sejawat: Kapita Selekta Pengalaman PTT" ini.

Terima Kasih Atas Perhatiannya.

Kebersamaan yang Indah Kita

Daisypath Anniversary Years Ticker

hanya bisa mengucapkan...

zwani.com myspace graphic comments