my map

https://www.google.co.id/maps/@-7.5532988,110.7662994,189m/data=!3m1!1e3!4m2!5m1!1b1?hl=id

Tuesday, July 10, 2007

Alarm Pengganggu

Temen saya namanya Sugiyono SH

Baru enam tahun ini menggeluti profesi sebagai pengacara…prestasinya luar biasa, walopun belum setenar pengacara nasional sekaliber Paris Hotman atau OC Kaligis, tapi saya melihat kecenderungan ke sana nya sangat besar. Konflik sengketa Pilkada pernah ia tangani. Tetapi kasus terbanyak yang ia tangani adalah konflik rumah tangga yang berujung pada perceraian.

Saya tidak menyebabkan orang bercerai, saya hanya menguruskan administrasi orang yang jelas bercerai saja” kata pak Sugiyono

“Ooooo gitu….” Kata saya

“Pak Gi…. Ini di luar topik… saya pengen tanya nih ….pak Gi sendiri anaknya kan empat…ga punya pembantu… terus bagaimana ngurusin anak, ngurus pekerjaan dan ngurus istri…?” tanya saya

“Begini…saya selalu memasang alarm jam beker…saya setel jam 03.00 WIB…biar bisa bangun..” kata pak Gi (saya biasa memanggilnya pak Gi)

“terus…?” tanya saya penasaran ingin tahu cerita selanjutnya

“Ya seringnya saya bangun subuh…” jawab pak Gi enteng

“Lha kok bisa? Kan alarm bekernya bunyi jam 03.00 sedangkan subuh kan jam 4.00 sampai 4.30 pak Gi?” tanya saya

“Alarm aku matikan” jawab pak Gi

“Lha kok dimatikan pak?” tanya saya

“Lha wong mengganggu tenan kok….aku matikan saja…terus tidur lagi” jawab pak Gi enteng..

Wakakakakakakkakakakkak

Glodak tenan

………………………………………….

Saya jadi teringat sebuah artikel di majalah SWA.[1] ; menyebutkan menurut sebuah studi sekitar 80 % orang pada akhir Januari sudah lupa atau kehilangan komitmen untuk menjalankan resolusi atau apa yang mereka rencanakan pada malam tahun baru.

Dan pak Gi tidak sendiri, ternyata 4/5 orang atau hampir semua orang lupa dengan apa yang mereka rencanakan. Banyak orang yang tidak konsisten atau komitmen untuk melaksanakan apa yang telah mereka rencanakan.

Masalah komitmen pada pelaksanaan ini demikian penting, Seperti yang ditulis Stephen R. Covey[2], dalam Principle –centered Leadership bahwa efektivitas suatu keputusan tergantung kepada dua hal yaitu kualitas keputusan itu sendiri dan komitmen bersama dalam menjalani keputusan itu. Artinya sekalipun keputusan itu sempurna karena disusun oleh pakar tingkat dunia, namun komitmen dalam melakukan sangat rendah atau tidak ada komitmen maka keputusan itu tidak ada artinya karena tidak dikerjakan. Karena itu membangun komitmen bersama dengan keteladanan adalah sangat vital sebelum melakukan langkah-langkah manajemen selanjutnya. Intinya ada pada eksekusi. Jadi kesimpulannya eksekusi adalah “the missing link between aspirations and results”.

Jadi kalo ga ada eksekusi sama saja tetap menggantung (missing link) seperti yang dialami oleh pak Gie…


[1] Irwan Rei; Mengukir dan Mengukur Rencana; Majalah SWAsembada,SWA07/XXI/31 Maret – 13 April 2005

[2] Stephen R. Covey, 1996, Principle –centered Leadership Edisi Indonesia Kepemimpinan yang Berprinsip, 1997 Binarupa Aksara

7 comments:

Bude Judes said...

Dgn kata lain kalo ga ada eksekusi brarti NATO ... Ngunu dok?

Manda La Mendol said...

Panjenengan ngritisi banyak artis yang kawin cerai ya Dok ? Karena Missing link, terus ngelink ke perempuan lain. :)

Anonymous said...

Oi, achei teu blog pelo google tá bem interessante gostei desse post. Quando der dá uma passada pelo meu blog, é sobre camisetas personalizadas, mostra passo a passo como criar uma camiseta personalizada bem maneira. Se você quiser linkar meu blog no seu eu ficaria agradecido, até mais e sucesso. (If you speak English can see the version in English of the Camiseta Personalizada. If he will be possible add my blog in your blogroll I thankful, bye friend).

iway disini said...

lho bukannya itu gunanya alarm, dinyalakan buat dimatikan :D

Anonymous said...

no HP dokter brp??ato ktmu d Lab Fisio UNS aja gmn dok??

Nieke,, said...

membuat komitmen itu memang gak susah..
yg susah itu adalah bagaimana cara melaksana komitmen itu dengan baik..
betul tidak..? *betuuuulll.. xD*

Anonymous said...

setuju ma nieke , bikin komit tu guampang ,ngejalaninnya yg mualess

Kebersamaan yang Indah Kita

Daisypath Anniversary Years Ticker

hanya bisa mengucapkan...

zwani.com myspace graphic comments